Mengembangkan Sensori Motor pada Anak Berkebutuhan Khusus

Pada anak berkebutuhan khusus seperti : learning disabilities, autism, PDD, ADD/ADHD, gangguan emosi, biasanya akan terlihat adanya gangguan fungsi motorik.

Gangguan pada perkembangan sensori motor akan menyebabkan gangguan pada proses belajar dan kepercayaan diri pada anak. Untuk itu diperlukan penanganan sedini mungkin berupa berbagai kegiatan seperti bermain, yang banyak menggunakan keterampilan baik motorik kasar maupun motorik halus.

Bagaimana mengembangkan sensori motor ?

1.      Melakukan aktivitas fisik seperti olahraga atau bermain baik bersama teman atau individu setiap hari minimal 30 menit.

2.      Pengalaman melakukan aktivitas sensori motor akan meningkatkan keterampilan dan kepercayaan dirinya.

3.      Kesalahan adalah bagian dari pembelajaran, sehingga ada baiknya tidak terlalu banyak memberi komentar pada kesalahan yang dibuat. Biarkan ia membuat kesalahan sampai mampu melakukan aktivitas dengan benar. Katakan apa yang perlu dilakukan tapi bukan apa yang tidak boleh dilakukan.

4.      Libatkan keluarga dalam membantu anak bermain, terutama bila anak mengalami masalah perilaku dan kesulitan belajar, karena biasanya terdapat juga kesulitan bermain dengan teman sebayanya.

5.      Jadikan aktivitas fisik menjadi rutinitas sehari-hari. Bermain adalah kegiatan anak-anak, dengan melakukan permainan yang melibatkan sensori motor akan meningkatkan juga kekuatan, ketahanan dan kelenturan. Ada anak yang memerlukan pemanasan seperti aktivitas fisik sebelum mengikuti pelajaran, sehingga ada baiknya orang tua atau guru dapat menyiapkan kegiatan fisik sebelum anak siap mengikuti kegiatan di dalam kelas.

6.      Dalam melakukan aktivitas di dalam atau di luar rumah harus bebas dari benda-benda yang menggangu keselamatan maupun konsentrasi selama bermain di tempat tersebut. Sehingga tidak terjadi over stimulasi dan hiperaktif. Sertakan juga musik agar anak dapat senang dan gembira

7.      Diperlukan kreatifitas dalam bermain dengan membuat peraturan yang mudah dan sederhana, dapat dimengerti oleh anak.

Sumber : http://www.kesulitanbelajar.org

1 Response so far »

  1. 1

    Zaen said,

    Pusat Terapi Anak berkebutuhan khusus Rumah Sahabat Yogyakarta melayani deteksi dini tumbuh kembang anak, terapi autism, terlambat bicara, ADHD, Down syndrom, dan lain-lain dengan terapi terpadu, terapi komunikasi, sensori integrasi, terapi perilaku, fisioterapi serta program pendampingan ke sekolah umum. untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi Rumah sahabat di erum Gambiran C 2 UH V, Jl Perintis Kemerdekaan Yogyakarta phone 0274 8267882


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: