SD Negeri Inklusi, SD Puteraco Indah

Tahun ini, anak saya seharusnya masuk SD. Karena itu saya mulai mencari-cari informasi tentang sekolah yang bisa menerima anak ABK. Ada beberapa SD yang bisa menerima ABK, tapi sayang biayanya mahal sekali untuk ukuran saya. Bisa tapi seperti memaksakan diri. Lalu cari-cari di internet dan mendapatkan informasi dari situs PLB bahwa ada SDN inklusi yang kebetulan lokasinya dekat dengan rumah saya, namanya SDN Puteraco Indah.

Mengetahui SD inklusi ini adalah SD Negeri, di dalam benak saya muncul beberapa pertanyaan. Apakah jumlah siswa di dalam satu kelasnya banyak seperti umumnya SD-SD Negeri lainnya atau tidak? Kalau banyak, nanti kasihan ABKnya kemungkinan sangat susah mendapatkan perhatian gurunya. Apakah untuk helper ada biaya per bulannya? Bagaimana perlakuaan gurunya, orang tua murid, dan sesama temannya terutama yang normal terhadap siswa abk? Karena siswa abk sangat rentan dengan perlakuan tidak baik, cemoohan, dikucilkan (“bulliying”) dari temannya yang normal.

Dengan berbagai pertanyaan dalam benak saya, saya kemudian pergi ke sekolah tersebut dan langsung bertemu dengan kepala sekolahnya, bapak Gunawan. Dada saya langsung plong. Beliau sangat welcome terhadap abk terlebih karena latar belakanga beliau dari PLB. Menurut penjelasannya, dalam satu kelas jumlah maksimal muridnya 25-26 orang, ada guru pendamping kelas yang jumlahnya tergantung banyaknya abk dalam satu kelas dan tingkat kebutuhan khusus abknya. Sedangkan biayanya sesuai dengan SD negeri lainnya. Jadi jauh lebih kecil dari SD lainnya yang menerima abk yang pernah saya ketahui.

Namun, saya tidak tahu apakah anak saya akan keterima atau tidak karena yang berminat ke sekolah tersebut amatlah banyak. Pas saya ke sana aja, yang waiting listnya sudah 40-an lebih. Dan terakhir sudah 60-an. Padahal pendaftarannya belum dibuka. Mudah-mudahan anak saya keterima. Coba kalau lebih banyak lagi SD negeri yang inklusi seperti SD Puteraco Indah. Mudah-mudahan pemerintah memperhatikannya.

16 Tanggapan so far »

  1. 1

    Andri said,

    Jadinya bagaimana,apakah putra anda diterima di SD tersebut?

  2. 3

    ummi ihsan said,

    Apakah menerima anak dg ganguan dengar berat, lalu ada tes masuk tidak? lokasi tepatnya dimana Bu?

  3. 4

    ummi_ihsan said,

    SD N Puteraco Indah, tepatnya dimana Bu? Apakah menerima ABK dengan gangguan dengar?

    • 5

      fatzah said,

      SD Puteraco Indah alamatnya di Jl. Rajamantri Kaler Buahbatu Bandung. Saya kurang tahu, apakah SD ini menerima anak dengan gangguan dengar atau tidak. Mungkin ibu bisa langsung menanyakan ke sekolah tersebut.

  4. 6

    Yani said,

    Ada no tlp nya ga??boleh share.??

  5. 8

    indry said,

    apakah sd itu menerima anak yg autis?

    • 11

      fatzah said,

      Blog ananda bagus dan kreatif. Teruskan bikin blognya dan semoga jadi anak yang soleh. Ananda sekarang kelas berapa di SD Puteraco nya?

  6. 12

    bu saya salah satu orang tua anak autis,anak saya sekolah di SD kls 3 madrasah Alkhoriah di jakarta,tp tidak ada guru pendamping jadinya anak saya suka di cuekin sama gurunya yang penting anak saya hadir di sekolah setiap hari,lapa yang harus saya lakukan supaya anak saya tertap mendapatkan pelajaran yang sama dngan anak anak yang lain?

    • 13

      fatzah said,

      Itulah kelemahan sd non inklusi. Banyak yang saya temui, anak anak abk yang akhirnya pindah dari sekolah umum ke inklusi. Kl di sekolah inklusi, anak abk diraih oleh gurunya. Dari yang di sekolah umumnya ngga mau nulis, di sd inklusia jadi mau nulis. Yang di sd umumnya minder abis, di sd inklusi sudah mau bergaul dan agak pd.

  7. 14

    isti said,

    kira2 berapa biaya masuk sekolah di SD puteraco ya bu?


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: