Pengalaman Surat Menyurat Anak

Entah karena  lihat dari televisi tentang surat atau lihat film tentang itu, anakku tang besar, yang sekarang duduk di kelas 1 SD terinsfirasi untuk menulis surat kepada saudaranya di luar kota. Awalnya saya kasih tahu dia untuk menulis surat dengan cara emai atau sms. tapi di ‘kekeh’ ingin menulkis surat dan mengantarkannya ke kantor pos. Saya akhirnya membiarkannya, hitung-hitung melancarkan menulis dan biar ada pengalaman bagi dirinya. Kata-katanya dia yang bikin, dan dia menuliskannya sendiri. Pas sudah selesai, saya baca, lalu saya koreksi kalau ejaannya masih ada yang salah.

Lihat kakaknya menulis surat, adiknya yang masih berusia 5 tahun, ikut-ikutan ingin menulis surat kepada saudaranya itu. Karena dia belum bisa menulis dan membaca, saya memberinya ide untuk menulis suratnya dengan menggambar sesuatu.

Setelah surat keduanya dimasukan ke amplop dan saya tuliskan alamat saudaranya, mereka lalu saya ajak ke kantor pos, dan menempelkan perangkonya. Mereka sangat antusias dan gembira. Pengalaman baru bagi mereka. Mereka banyak bertanya tentang apa perangko dan bagaimana suratnya bisa sampai di saudaranya.

Mereka lalu menunggu-nunggu balasan dari saudaranya itu. Ketika tidak ada balasan dari saudaranya, mereka kecewa. Tapi setelah diberi penjelasan bahwa suratnya itu sampai ke saudaranya itumembutuhkan waktu beberapa hari, mereka tidak bertanya-tanya lagi. Walaupun mungkin masih belum puas tentang itu.

Hari berganti hari, mereka akhirnya lupa tentang surat itu. Namun, kemarin, ketika mereka mendapatkan surat balasa dari saudaranya. Mereka sangat senang, sampai sampai keceriaan, kepuasan dan kesenangan yang terpancar dari wajah mereka menular ke dalam hati saya. Saking senangnya, adiknya yang kecil berkata, “Ini surat terbaik sedunia”, dan dia mencium surat itu seperti seorang yang lagi kasmaran menerima surat dari kekasihnya. Lucu he he he.

Mereka pun lalu sibuk membuat surat balasan untuk saudaranya itu. Mudah-mudahan pengalamannya itu berarti bagi mereka.

Tinggalkan Balasan

